PENCIPTAAN MANUSIA DAN KAITANYA DGN AKTSARUNNIFAS 60 HARI

Posted: April 21, 2014 in Nasehat

Di dalam hadits yg diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim, Rasuluĺlah saw menjelaskan bahwa ketika mani msk ke dlm rahim dia msh trs berupa mani sampai 40hr, lalu pada masa 40hr kedua mani itu berubah wujud menjadi gumpalan darah.

Kemudian pada 40hr ketiga berubah menjadi gumpalan daging. Ketika kandungan berumur 4 bln (40hrx3), Allah swt memerintahkan kpd malaikat agar meniupkan ruhnya dan mencatat 4 perkara; rizkinya, ajalnya, amalnya, dan bahagia atau tidaknya.

Atas dasar inilah, ketika kandungan menjelang umur 4 bln, ada tradisi di sebagian daerah mengadakan ritual doa yg oleh sebagian orang disebut “Telon-Telon”, dr kata telu yg artinya tiga krn kandungan sdh berumur 3 bln dan msk bulan ke empat.

Ketika janin sdh bernyawa maka dia perlu asupan makanan, dan ternyata yg jadi santapannya adalah darah yg seharusnya menjadi darah haidl pd bln ke 5 dan seterusnya.

Pada 4 bulan pertama (120hr), ketika janin blm bernyawa, ada darah yg seharusnya keluar sebagai haidl dan darah ini tidak d mkn janin krn blm bernyawa. Nah, darah inilah yg kemudian keluar menjadi darah nifas.

Jadi, darah nifas itu hakikatnya adalah darah haidl yg terkumpul dlm waktu 4 bulan. Maka nifas itu maksimalnya 60hr yaitu akumulasi dr aktsarul haidl (15hr) kali 4 bulan.

Wallaahu A’lamu Bishshowaab.

Sumber : Kh. Lukman Hakim Zainudin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s