INI SEKOLAHKU MA MANARATUL ISLAM

Posted: Maret 23, 2011 in TAMPILAN

Madrasah lahir seiring dengan berkembangnya agama Islam di suatu tempat, sehingga bentuk madrasah telah mengalami perubahan yang cukup panjang, yaitu dari bentuk yang sangat sederhana sampai dengan bentuk yang sekarang ini. Disamping itu madrasah selalu muncul dari masyarakat, artinya lahirnya madrasah karena masyarakat di suatu tempat memerlukan pendidikan agama, yang kemudian berkembang dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat.

Hal tersebut di atas menunjukkan  bahwa madrasah sebenarnya milik masyarakat, dengan besar dan berkembang di masyarakat. Kita tahu bahwa yang mendirikan madra

sah adalah masyarakat, baik melalui bentuk yayasan maupun pribadi-pribadi dengan melalui cara hibbah dan wakaf. Dengan demikian dana yang terhimpun juga berasal masyarakat yang jumlahnya relatif sangat sederhana.

Dengan dipelopori oleh para ulama, tokoh masyarakat di wilayah Gandaria dan skitarnya maka didirikanlah suatu yayasan yang beroreintasi kepada pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Yayasan tersebut diberi nama “Yayasan Pendidikan Manaratul Islam“ pada tahun 1949, yang memiliki arti dari “Manaratul” adalah tempat yang dibuat untuk menyiarkan atau menyebarkan suatu berita, dalam bahasa Indonesia berarti menara. Jadi arti Manaratul Islam adalah sebagai suatu wadah atau menara untuk menyiarkan agama Islam.

Lembaga pendidikan yang diselenggarakan Madrasah Ibtidauyah (MI) yang didirikan pada tahun 1949, Madrasah Tsanawiyah (MTs) tahun 1967, dan SPIAIN (Sekolah Persaiapan IAIN tahun 1970. Namun selama beroperasi selama dua tahun  SPIAIN ditutup pada tahun 1972, dan dilanjutkan dengan Madrasah Aliyah yang mulai beroperasi pada 1973.

Selain lembaga pendidikan formal, Yayasan Pendidikan Manaratul Islam juga mendirikan Pondok Pesantren Miftahul Ulum pada tahun 1980 sebagai pendukung dalam pengembangan kemampuan siswa dalam pengetahuan agama, khususnya.

Visi

Menjadikan MA Manaratul Islam sebagai Lembaga Pendidikan Menengah yang unggul dan terkemuka dalam pembinaan Keimanan, Keislaman dan Keilmuan dalam menyongsong era globalisasi.

Misi

  • Mencetak lulusan yang berkualitas dalam akademik, memiliki life-skill yang mapan, dan berprilaku akhlak al-karimah.
  • Peningkatan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan.
  • Terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif, aktif, dan kolaboratif dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai.
  • Memberikan pelayanan dan bimbingan yang bermutu, cepat, tepat dan akurat.

Moto

Cerdas, Kreatif, Inovatif, Mandiri, Berprestasi, dan Berwawasan IPTEK dengan Berlandaskan IMTAQ

Iklan
Komentar
  1. obien berkata:

    wihh sekolaah gue nih ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s